Mekanisme Jalur PMDP

    1. Setiap pendaftar seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Kesehatan Tanjungkarang TA. 2017/2018 hanya diperbolehkan mendaftar pada 1 (satu) jenjang pendidikan, yaitu jenjang pendidikan D3 atau Sajana Terapan (D4) saja.
    2. Peserta hanya diperbolehkan memilih 1 (satu) Program Studi, baik pada jenjang pendidikan D3 maupun Sarjana Terapan (D4).
    3. Calon Pendaftar login ke alamat http://poltekkes-tjk.ac.id untuk mendapatkan informasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru TA. 2017/2018
    4. Pendaftar Membeli TOKEN (USER dan PASSWORD) di Bank Syariah Mandiri dengan menunjukkan e-Mail Aktif dan Nomor Handphone Aktif dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 125.000,00
    5. Pendaftaran dilakukan secara online mulai tanggal 6 – 15 Maret 2017 melalui http://pmb.poltekkes-tjk.ac.id.
    6. Login Pendaftaran dengan menggunakan USER dan PASSWORD melalui alamat url: http://pmb.poltekkes-tjk.ac.id
    7. Peserta mengisi form yang telah disediakan secara lengkap dan di print out.
    8. Peserta Mengirimkan berkas/persyaratan dengan susunan berkas sebagai berikut:
      • Print Out Formulir Pendaftaran
      • Asli Surat pengantar dari kepala sekolah
      • Foto kopi Akreditasi Sekolah yang dilegalisir
      • Foto Kopi Nilai Rapor dari semester I sampai V minimal 7 (Skala 1-10) dan/atau 70 (Skala 10-100) pada semua mata pelajaran (Bagi peserta yang menggunakan skala nilai 0,00 – 4,00, diwajibkan menyampaikan pula berkas konversinya ke dalam skala nilai 1-10 atau 10-100), yang telah dilegalisir disetiap lembarnya (format terlampir).
      • Untuk Siswa Akselerasi : Foto Kopi Nilai Rapor dari semester I sampai III minimal 7 (Skala 1-10) dan/atau 70 (Skala 10-100) pada semua mata pelajaran (Bagi peserta yang menggunakan skala nilai 0,00 – 4,00, diwajibkan menyampaikan pula berkas konversinya ke dalam skala nilai 1-10 atau 10-100 ke dalam lima semester), yang telah dilegalisir disetiap lembarnya (format terlampir)
      • Asli Surat Pernyataan bersedia dinyatakan gugur apabila tidak lulus dari satuan pendidikan (SMA/MA/SMK) di atas materai Rp 6000,00 dan ditandatangai (format terlampir)
      • Asli Surat Pernyataan Menerima Keputusan Panitia Tentang Hasil Validasi Pengukuran Tinggi badan di atas materai Rp 6000,00 dan ditandatangani (format terlampir)
      • Foto Kopi Piagam Penghargaan / Sertifikat prestasi di bidang akademik minimal tingkat Kecamatan
      • Foto kopi KTP Orang Tua.
    9. Berkas dikirimkan dalam Map dan Amplop dengan ketentuan sebagai berikut:
    10. Kemudian stofmap tersebut dimasukkan ke dalam amplop berwarna coklat dan dikirimkan melalui pos paling lambat tanggal 17 Maret 2016 (cap pos). Kirim ke:

      PANITIA SIPENMARU POLTEKKES TANJUNGKARANG
      D/A DIREKTORAT POLTEKKES TANJUNGKARANG
      SOEKARNO-HATTA NO. 6 BANDAR LAMPUNG. 35145

      Pada pojok kanan atas map di tulis “PMDP”
      Pada bagian depan map ditulis NAMA PESERTA, ASAL SEKOLAH
      dan PROGRAM STUDI/JURUSAN YANG DIPILIH

    11. Berkas yang telah dikirim akan diverifikasi oleh panitia. Peserta yang tidak mengirimkan salah satu berkas dan/ atau berkas yang dikirimkan tidak sesuai dengan persyaratan yang diminta, langsung dinyatakan TIDAK MEMENUHI SYARAT untuk melanjutkan ke seleksi tahap 2 (Seleksi Nilai dan Prestasi).
    12. Panitia akan melanjutkan ke Seleksi tahap 2 (Seleksi Nilai dan Prestasi) bagi Pendaftar yang dinyatakan memenuhi syarat pada seleksi tahap 1.
    13. Peserta yang dinyatakan LULUS pada seleksi tahap 2 login kembali ke laman http://pmb.poltekkes-tjk.ac.id dengan menggunakan USER dan PASSWORD masing-masing peserta untuk mencetak tagihan registrasi/pembayaran untuk seleksi tahap 3.
    14. Peserta ke BSM untuk melakukan pembayaran dengan menunjukkan hasil cetak tagihan registrasi / pembayaran untuk seleksi tahap 3.
    15. Peserta yang telah melakukan pembayaran Seleksi tahap 3 (Uji Kesehatan), melakukan pendaftaran Uji Kesehatan Kepada Panitia Sipenmaru di Direktorat Poltekkes Tanjungkarang untuk kemudian dibuatkan pengantar untuk mengikuti Seleksi tahap 3 dengan menyerahkan kwitansi pembayaran Seleksi tahap 3.
    16. Peserta mengikuti Seleksi Tahap 3 pada waktu dan tempat yang telah ditentukan dengan menyerahkan surat pengantar kepada Tim Seleksi tahap 3.
    17. Peserta yang memenuhi kriteria seleksi tahap 3 oleh panitia akan dinyatakan LULUS.
    18. Peserta yang dinyatakan lulus pada seleksi tahap 3, login kembali ke laman http://pmb.poltekkes-tjk.ac.id dengan menggunakan USER dan PASSWORD masing-masing peserta, kemudian mencetak tagihan registrasi/pembayaran biaya kuliah.
    19. Peserta melakukan pembayaran biaya kuliah ke BSM dengan menunjukkan hasil cetak tagihan registrasi / pembayaran biaya kuliah.
    20. Peserta yang telah melakukan registrasi/pembayaran biaya kuliah datang ke Unit Komputer dan Teknologi Informasi Teknologi untuk mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sementara dengan menunjukkan :
      • Kartu keluarga Asli
      • Kartu Tanda Penduduk Asli
      • Akte Kelahiran Asli
      • Ijazah SMP Asli
        Dan mengumpulkan satu rangkap Foto Kopi dokumen tersebut diatas.