Mekanisme Jalur PMDP-Gakin

          1. Calon peserta mengirimkan persyaratan awal untuk memperoleh TOKEN (USER dan PASSWORD) untuk masuk ke laman Sipenmaru Poltekkes Tanjungkarang via Pos, yaitu:
            • Foto Kopi Surat pengantar dari kepala sekolah (Format terlampir)
            • Foto Kopi Surat Keterangan Miskin dari Kelurahan / Pekon / Desa
            • Foto Kopi KK / KTP Peserta
            • Foto Kopi KTP Orang Tua
            • E-mail Peserta dan Nomor HP Peserta yang aktif
            • E-mail Sekolah
          2. Peserta yang memenuhi persyaratan akan mendapatkan Token & (User dan Password) yang akan dikirimkan via E-Mail peserta
          3. Setiap pendaftar seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Kesehatan Tanjungkarang TA. 2017/2018 hanya diperbolehkan mendaftar pada 1(satu) Jenjang pendidikan, yaitu Jenjang pendidikan D3/Sarjana Terapan (D4) saja.
          4. Peserta hanya diperbolehkan memilih 1 (satu) Program Studi, baik pada jenjang D3 maupun Sarjana Terapan (D4).
          5. Calon Pendaftar login ke alamat http://poltekkes-tjk.ac.id untuk mendapatkan informasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru TA. 2017/2018
          6. Pendaftaran dilakukan secara online mulai tanggal 6 – 10 Maret 2017 melalui http://pmb.poltekkes-tjk.ac.id.
          7. Login Pendaftaran dengan menggunakan USER dan PASSWORD melalui alamat url: http://pmb.poltekkes-tjk.ac.id
          8. Peserta mengisi form yang telah disediakan secara lengkap dan di print out.
          9. Peserta Mengirimkan berkas/persyaratan dengan susunan berkas sebagai berikut:
            • Print Out Formulir Pendaftaran
            • Asli Surat pengantar dari kepala sekolah
            • Foto kopi Akreditasi Sekolah yang dilegalisir
            • Foto Kopi Nilai Rapor dari semester I sampai V minimal 7 (Skala 1-10) dan/atau 70 (Skala 10-100) pada semua mata pelajaran (Bagi peserta yang menggunakan skala nilai 0,00 – 4,00, diwajibkan menyampaikan pula berkas konversinya ke dalam skala nilai 1-10 atau 10-100), yang telah dilegalisir disetiap lembarnya (format terlampir).
            • Untuk Siswa Akselerasi : Foto Kopi Nilai Rapor dari semester I sampai III minimal 7 (Skala 1-10) dan/atau 70 (Skala 10-100) pada semua mata pelajaran (Bagi peserta yang menggunakan skala nilai 0,00 – 4,00, diwajibkan menyampaikan pula berkas konversinya ke dalam skala nilai 1-10 atau 10-100 ke dalam lima semester), yang telah dilegalisir disetiap lembarnya (format terlampir).
            • Asli Surat Pernyataan bersedia dinyatakan gugur apabila tidak lulus dari satuan pendidikan (SMA/MA/SMK) di atas materai Rp 6000,00 dan ditandatangai (format terlampir)
            • Asli Surat Pernyataan Menerima Keputusan Panitia Tentang Hasil Validasi Pengukuran Tinggi badan di atas materai Rp 6000,00 dan ditandatangani (format terlampir)
            • Foto Kopi Piagam Penghargaan / Sertifikat prestasi di bidang akademik minimal tingkat Kecamatan
            • Foto Kopi KK / KTP Peserta
            • Foto kopi KTP Orang Tua
          10. Berkas dikirimkan dalam Map dan Amplop dengan ketentuan sebagai berikut:
          11. Kemudian stofmap tersebut dimasukkan ke dalam amplop berwarna coklat dan dikirimkan melalui pos paling lambat tanggal 13 Maret 2016 (cap pos). Kirim ke:

            PANITIA SIPENMARU POLTEKKES TANJUNGKARANG
            D/A DIREKTORAT POLTEKKES TANJUNGKARANG
            JL. SOEKARNO-HATTA NO. 6 BANDAR LAMPUNG. 35145

             

            Pada pojok kanan atas map di tulis “PMDP-GAKIN”
            Pada bagian depan map ditulis NAMA PESERTA, ASAL SEKOLAH
            dan PROGRAM STUDI/JURUSAN YANG DIPILIH

          12. Panitia melakukan verifikasi berkas yang telah dikirimkan oleh peserta. Peserta yang tidak mengirimkan salah satu berkas dan/ atau berkas yang dikirimkan tidak sesuai dengan persyaratan yang diminta, langsung dinyatakan TIDAK MEMENUHI SYARAT untuk melanjutkan ke seleksi tahap 2 (Seleksi Nilai dan Prestasi).
          13. Panitia melakukan Seleksi tahap 2 (Seleksi Nilai dan Prestasi) terhadap berkas yang memenuhi syarat.
          14. Panitia melaksanakan survey lapangan.
          15. Panitia melakukan pembobotan terhadap nilai, prestasi dan hasil survey lapangan serta diurutkan berdasarkan skor akhir tertinggi s.d skor akhir terendah. Peserta yang dinyatakan LULUS seleksi tahap II adalah peserta dengan skor akhir tertinggi yang disesuaikan dengan jumlah kuota.
          16. Peserta yang dinyatakan LULUS pada seleksi tahap 2 login kembali ke laman http://pmb.poltekkes-tjk.ac.id dengan menggunakan USER dan PASSWORD masing-masing peserta untuk mencetak tagihan registrasi seleksi tahap 3.
          17. Peserta menuju Subbag Adak guna dibuatkan pengantar untuk mengikuti Seleksi tahap 3 dengan menyerahkan tagihan Seleksi tahap 3
          18. Peserta mengikuti Seleksi Tahap 3 pada waktu dan tempat yang telah ditentukan dengan menyerahkan surat pengantar kepada Tim Seleksi tahap 3.
          19. Peserta yang memenuhi kriteria seleksi tahap 3 oleh panitia akan dinyatakan LULUS.
          20. Peserta yang dinyatakan lulus pada seleksi tahap 3, login kembali ke laman http://pmb.poltekkes-tjk.ac.id dengan menggunakan USER dan PASSWORD masing-masing peserta.
          21. Peserta yang telah dinyatakan LULUS, selanjutnya datang ke Unit Komputer dan Teknologi Informasi untuk mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan KTM Sementara dengan menunjukkan :
              • Kartu keluarga Asli
              • Kartu Tanda Penduduk Asli
              • Akte Kelahiran Asli
              • Ijazah SMP Asli

            Dan mengumpulkan satu rangkap Foto Kopi dokumen tersebut diatas.