MEKANISME JALUR MANDIRI

  1. Setiap pendaftar seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Kesehatan Tanjungkarang TA. 2017/2018 hanya diperbolehkan mendaftar pada 1 (satu) jenjang pendidikan, yaitu jenjang pendidikan Diploma 3 atau Sarjana Terapan (D4) saja.
  2. Peserta diperbolehkan memilih 2 (dua) Program Studi dari Jurusan yang berbeda dan tidak diperkenankan memilih 2 (dua) program studi pada jurusan yang sama, baik pada jenjang pendidikan Diploma 3 maupun Sarjana Terapan (D4).
  3. Calon Pendaftar mengakses ke alamat http://pmb.poltekkes-tjk.ac.id untuk mendapatkan informasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru TA. 2017/2018
  4. Pendaftar Membeli TOKEN (USER dan PASSWORD) di Bank Syariah Mandiri dengan menunjukkan e-Mail Aktif dan Nomor Handphone Aktif dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 125.000,00
  5. Pendaftaran dilakukan secara online tanggal 19 Juni – 13 April 2017, melalui website http://pmb.poltekkes-tjk.ac.id.
  6. Login Pendaftaran dengan menggunakan USER dan PASSWORD melalui alamat: http://pmb.poltekkes-tjk.ac.id
  7. Peserta mengisi form yang telah disediakan secara lengkap.
  8. Mengupload/mengunggah dokumen Sebagai berikut:
    • Scan Ijazah Asli / Scan Surat Keterangan Lulus Asli/ Scan Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) Asli(wajib mencantumkan jurusan/program studi yang diminati pada sekolah asal)
    • Scan Pas Foto Berwarna ukuran 4×6 cm (foto wajib di upload 2 kali, pada kolom foto dan berkas 1)
    • Scan Asli Surat Pernyataan Menerima Keputusan Panitia Tentang Hasil Validasi Pengukuran Tinggi badan di atas materai Rp 6000,00
    • Scan Kartu keluarga Asli / Scan Kartu Tanda Penduduk Asli
    • Scan Akte Kelahiran Asli
    • Scan Asli surat pernyataan bebas narkoba bermaterai Rp. 6.000,00 sesuai contoh pada lampiran
    • Bagi peserta yg telah memiliki no Ujian Sipenmaru Poltekkes Tjk Gel. 1, Hanya mengupload FOTO BERWARNA ukuran 4×6 cm pada file foto dan SCAN NOMOR UJIAN ASLI yg diupload pada file ijazah/SKL/SKHU (Tdk perlu menguplod syarat no. 2 s.d 6)
  9. Berkas yang telah diupload akan diverifikasi oleh panitia untuk kemudian dinyatakan MEMENUHI SYARAT atau TIDAK MEMENUHI SYARAT pada seleksi tahap 1 (Seleksi administrasi).
  10. Pendaftar yang dinyatakan memenuhi syarat pada seleksi tahap 1, dapat mencetak nomor ujian dengan cara login kembali kelaman http://pmb.poltekkes-tjk.ac.id dengan menggunakan PIN dan Token masing-masing pendaftar.
  11. Peserta yang telah mencetak nomor uji tulis, dapat mengikuti uji tulis pada waktu dan tempat yang telah ditentukan dengan membawa persyaratan yang telah ditetapkan.
  12. Peserta yang dinyatakan LULUS pada seleksi tahap 2 (Uji Tulis) login kembali ke laman http://pmb.poltekkes-tjk.ac.id dengan menggunakan USER dan PASSWORD masing-masing peserta, kemudian mencetak tagihan registrasi/pembayaran untuk seleksi tahap III.
  13. Peserta ke BSM untuk melakukan pembayaran dengan menunjukkan hasil cetak tagihan registrasi / pembayaran untuk seleksi tahap 3.
  14. Peserta yang telah melakukan pembayaran Seleksi tahap 3 (Uji Kesehatan), melakukan pendaftaran Uji Kesehatan Kepada Panitia Sipenmaru di Direktorat Poltekkes Tanjungkarang untuk kemudian dibuatkan pengantar untuk mengikuti Seleksi tahap 3 dengan menyerahkan kwitansi pembayaran Seleksi tahap 3.
  15. Peserta mengikuti Seleksi Tahap 3 pada waktu dan tempat yang telah ditentukan.
  16. Peserta yang memenuhi kriteria seleksi tahap 3 oleh panitia akan dinyatakan LULUS.
  17. Peserta yang dinyatakan lulus pada seleksi tahap 3, login kembali ke laman http://pmb.poltekkes-tjk.ac.id dengan menggunakan USER dan PASSWORD masing-masing peserta, kemudian mencetak tagihan registrasi/pembayaran biaya kuliah.
  18. Peserta melakukan pembayaran biaya kuliah ke BSM dengan menunjukkan hasil cetak tagihan registrasi / pembayaran biaya kuliah.
  19. Peserta yang telah melakukan registrasi/pembayaran biaya kuliah datang ke Unit Komputer dan Teknologi  Informasi untuk mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sementara dengan menunjukkan DOKUMEN ASLI yang telah diupload pada seleksi Tahap 1 serta menyerahkan foto kopi dokumen yang dimaksud.